Olahraga

Ulasan Pertandingan Liga Presiden, PSIS Semarang VS PSS Sleman Malam Ini

CIANJURTODAY.COM – Pertandingan Liga Presiden 2022 PSIS Semarang vs PSS Sleman sedang berlangsung simak ulasan lengkapnya. Liga Presiden merupakan salah satu ajang bergengsi yang mempertemukan tim-tim profesional di seluruh Indonesia termasuk juga tim dalam liga. Bagaimana tidak, ajang pertemuan bakat tersebut akan menerima sebuah tanda jasa dari presiden yakni sebuah piala kayu. Hal ini membuat beberapa tim besar tergiur dengan iming-iming hadiah tersebut, salah satu tim yang berpartisipasi dalam kontes liga ini ialah PSIS Semarang vs PSS Sleman.

Merupakan kedua tiran utama dari laga Jateng, kedua tim tersebut sama-sama kuat dalam segi pertahanan dan serangan. Liga piala Presiden seolah menjadi panggung bagi mereka berdua untuk menampilkan performanya masing-masing. Adapun untuk jadwal pertandingannya sendiri akan diselenggarakan besok, tepatnya Jum’at 24 Juni 2022 pukul 20:30 WIB. Kira-kira seperti apa potensi kedua tim dan bagaimanakah susunan Line up dari keduanya? Berikut ulasannya!

Sekilas tentang PSIS Semarang

Akrab dengan sebutan Mahesa Jenar, tim asal ibukota Jawa tengah ini merupakan salah satu tim yang memiliki performa diatas yang lain. Bagaimana tidak, tim yang terbentuk pada tanggal 8 Mei 1932 ini mampu berkali-kali bertahan dalam liga 1 yang diselenggarakan secara bertahap tiap tahunnya. Semarang menjadikan tim yang memiliki pelatih Dragon Dukanovic ini semakin terkenal di provinsi tengah Jawa ini. 

Dalam liga 1 BRI 2021-2022 kemarin, laskar Mahesa Jenar berhasil masuk 10 besar dengan perolehan skor senilai 46 poin. Hal ini menjadikannya berada di nomor urutan ke 7 diatas Persija dan dibawah Borneo FC. Laskar Mahesa Jenar sukses meraih 11 kemenangan, 10 kekalahan dan 13 seri match dari 36 match yang dilakoninya. Hal ini cukup mengantar tim asuhan Dukanovic menjadi 10 besar dan tetap tinggal di liga 1. 

Laskar Mahesa Jenar memiliki histori permainan yang menarik. Pada 24 Maret 2022 PSIS Semarang kalah telak dengan tim Honai, Persipura dengan skor 4-0. Dilanjut dengan tim Lamongan yang menantang Mahesa Jenar pada tanggal 29 Maret 2022, match ini berakhir dengan kekalahan laskar Lamongan 1-2 atas PSIS Semarang. 

Di laga ketiganya, Mahesa Jenar mampu mengikis habis Persita dengan skor timpang 6-1. Hal ini menjadikan PSIS Semarang meraih skor 3 di grup A, pada 17 Juni 2022 sang adik berhasil menutup kekalahan Persita. Tangsel Warrior mampu menutup skor atas Mahesa Jenar dengan nominal 2-2. 

Usai match keempatnya melawan Dewa United, PSIS Semarang akhirnya melawan squad Kaesang di stadion Manahan. Laga pada tanggal 21 Juni 2022 ini berakhir setelah tim asuhan Jaksen Tiago kalah dengan skor 1-2. Lagi-lagi Mahesa Jenar mendapatkan poin 3, sehingga dirinya mampu memuncaki klasemen grup A dengan skor 7. 

Laskar Mahesa Jenar memiliki pelatih yang cukup konsisten dalam mengatur sebuah tim, terbukti dengan munculnya pemain asing profesional di dalamnya. Dukanovic sendiri telah berhasil menggaet pemain asal Portugal, Carlos Fortes. Pemain berusia 27 tahun tersebut sangat mahir bermain sebagai striker dan menjadi ancaman bagi tim PSS Sleman. 

Tak hanya Carlos saja, Dukanovic mampu menahan Taisei Marukawa dan menjadikannya sebagai pemain paling diwaspadai di sepanjang liga grup A ini. Tak heran jika dengan memainkan kedua pemain ini PSIS Semarang mampu bertahan di sepanjang liga bahkan tidak lengser ke liga 2. Skor 7 pada klasemen grup A membuat Mahesa Jenar semakin mendapatkan kesempatan untuk mengikuti putaran perempat final. Dengan syarat ia harus mampu mengalahkan squad elang Jawa yang berdiri di bawahnya dengan Raihan skor 4. 

Sekilas tentang PSS Sleman

Wilayah Yogyakarta bukan satu-satunya daerah yang memiliki satu perwakilan sepak bola. Selain adanya PSIM Yogyakarta, terdapat pula tim lain yang memiliki performa mumpuni melebihi tim PSIM. Sebut saja namanya PSS Sleman, merupakan sebuah tim yang didirikan pada tahun 20 Mei 1976 di Sleman. Tim yang saat ini dilatih oleh Seto Nudiantoro ini berhasil mengikuti liga piala Presiden 2022. 

Penampilannya yang cukup mengesankan pada liga 1 BRI 2021-2022 tak membuat tim berjuluk elang Jawa ini turun ke liga 2. Bahkan kebalikannya, tim ini mampu bertahan di 15 besar diatas PSM Makassar dan dibawah Persita Tangerang. Memiliki urutan peringkat 13 dengan 39 poin menjadi kebanggan tersendiri bagi tim asuhan Seto. Mendapatkan menang 10 kali dengan menerima 15 kali kekalahan dan 9 seri cukup untuk menyebut tim ini dengan performa yang keren. 

Dalam sejarah pertandingannya, laskar elang Jawa mampu menunjukkan kualitas bermainnya dengan persentase menang 60% dari 5 match terakhir. Perdana match, tim elang Jawa disuguhkan dengan kehadiran tim degradasi liga 1, Persipura. Walaupun begitu, PSS Sleman harus mengakui kemenangan tim timur tersebut atas skor 4-2. 

Tanggal 24 Juni 2022, laskar elang Jawa berhadapan dengan Persela Lamongan dan berakhir dengan skor 3-2 atas kemenangan PSS Sleman. Pertandingannya terakhir dalam liga 1 diakhiri dengan kekalahan Persija Jakarta pada tanggal 31 Maret 2022. Usai match liga 1, Elang Jawa masih terus bertanding dan tibalah saatnya ia masuk grup A. 

Match day pembuka, pada 11 Juni 2022 PSS Sleman disambut Persis Solo di kandangnya. Hasilnya kedua tim seri dengan skor 0-0. Setelah melawan alap-alap Jawa, PSS Sleman bertanding dengan Persita Tangerang 5 hari kemudian. Pertandingannya di stadion Manahan diakhiri dengan skor 0-2 atas kemenangan laskar elang Jawa. Dari situlah akhirnya PSS Sleman memperoleh 3 poin serta 1 tambahan dari hasil seri. Hal ini menjadikan tim berpelatih Seto Nudiantoro tersebut menduduki peringkat kedua setelah PSIS Semarang.

Pemain dan line up tim PSIS Semarang VS PSS Sleman

Setelah jadwal diumumkannya pertandingan PSIS Semarang VS PSS Sleman, kedua tim ini memperkenalkan pemain dan juga line up nya. Berikut ini susunan Line up dan juga nama pemain dari kedua belah pihak:

  1. Pemain PSIS Semarang (4-3-3)
  • Aldhila Ray Redondo
  • Fredyan Wahyu
  • Syiha Buddin
  • Wahyu Prasetyo
  • Frendi Saputra
  • Eka Febri
  • Oktavianus Fernando
  • Guntur Triaji
  • Taisei Marukawa
  • Carlos Fortes
  • Hari Nur Yulianto.
  1. Pemain PSS Sleman (3-5-2)
  • Jandia
  • Syaiful
  • Dedy
  • Purwaka Yudhi
  • Merauje
  • Kim Kurniawan
  • Dave
  • Fandi Eko Utomo
  • Boaz Solossa
  • Riki Dwi
  • Hamdi

Ulasan Prediksi PSIS Semarang vs PSS Sleman

Berdasarkan pernyataan diatas dapat disimpulkan bahwa PSIS Semarang memiliki tim yang kuat dan berhasil menduduki 10 besar liga 1. Walau begitu keberadaan PSS Sleman patut diwaspadai dengan munculnya pemain profesional seperti Purwaka Yudhi, Fandi Eko Utomo, Boaz Solossa dan Riki Dwi. 

Sementara itu dari tim PSIS sendiri menghadirkan 2 pemain inti yang tak kalah apik yakni Carlos Fortes dan Taisei Marukawa. Keduanya mampu menutup kemungkinan kalah dari keempat pemain profesional PSS Sleman. Untuk presentase kemenangannya tak menutup kemungkinan bahwa laskar Mahesa Jenar akan mendominasi jalannya pertandingan dengan tingkat persentase 40%. 30% untuk imbang dan sisanya dimenangkan oleh PSS Sleman.

Menurut kamu siapa yang akan menang nih? Saksikan pertandingan PSIS Semarang vs PSS Sleman sekarang juga!

Berita Terkait

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami