Today

Unik! Sosialisasi Prokes, Polsek Pacet Launching Duta Masker Pedagang Keliling

CIANJURTODAY.COM, Pacet – Polsek Pacet menggelar launching duta masker pedagang keliling di wilayah Kecamatan Pacet dan Cipanas sebagai upaya sosialisasi pencegahan penularan Covid-19.

Kapolres Cianjur, AKBP Mochamad Rifai mengungkapkan, kegiatan tersebut merupakan terobosan sosialisasi protokol kesehatan (prokes) yang bisa dijadikan contoh untuk wilayah lain.

“Kami berikan apresiasi kepada Polsek Pacet yang sudah melakukan berbagai cara unik untuk menyosialisasikan 3M kepada masyarakat melalui para pedagang keliling ini,” ujarnya kepada Cianjur Today, Kamis (25/2/2021).

Kapolres Cianjur berharap, para pedagang dapat ikut mengkampanyekan dan menyosialisasikan penggunaan masker sambil berkeliling menjajakan jualannya.

“Kegiatan inipun tujuannya untuk menggelorakan semangat bermasker. Sehingga masyarakat memiliki kedisiplinan penggunaan masker terutama untuk memutus penularan Covid-19,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolsek Pacet, AKP Galih Apria mengatakan, saat ini khususnya untuk Kecamatan Pacet dan Cipanas masih berada wilayah yang zona kuning. Tetapi, pihaknya akan terus berupaya untuk meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan warga agar bersama-sama menerapkan prokes Covid-19 semaksimal mungkin.

“Kami juga punya inspirasi dan inovasi bahwa pedagang keliling ini setiap hari berkeliling menjajakan dagangannya sampai ke rumah-rumah warga. Sehingga, kami mempunyai inisiasi untuk menjadikan mereka ini duta masker Polsek Pacet,” ungkapnya.

Pihaknya menuturkan, duta masker ini berbeda dengan duta-duta lainnya, karena mereka ini berkeliling menjual makanan pada siapapun yang membeli. Bagi warga yang kedapatan tidak bermasker, tugas para duta ini menegur, menyosialisasikan prokes, dan memberikan masker pada warga.

“Di Desa Sukanagalih ini sudah ada 25 orang pedagang keliling dan menjadi desa pertama peluncuran duta masker. Ke depan jika ini efektif, semoga bisa diikuti oleh desa lainnya,” ucapnya.

Galih mengungkapkan, sebelum launching pihaknya sudah melakukan percobaan terlebih dahulu selama lima hari dan responnya sangat baik. Sehingga Kapolres pun datang untuk meninjau langsung pelaksanaan program duta masker pedagang keliling Polsek Pacet ini.

“Kami berharap dengan dibentuknya duta masker ini, para pedagang keliling ini diberdayakan untuk menjadi mitra kepolisian, sehingga kesadaran terhadap penggunaan masker terus meningkat biaa merubah Kecamatan Pacet-Cipanas dari zona kuning menjadi zona hijau,” tandasnya.(ct6/sis)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Enable Notifications OK No thanks