Today

Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Cianjur, Tingkatkan Nasionalisme

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Upacara bendera untuk memperingati Hari Pahlawan Republik Indonesia Ke 74 digelar di Halaman Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur, Minggu (10/11/2019).

Upacara tersebut dipimpin oleh Plt Bupati Cianjur Herman Suherman. Selain itu, upacara ini dihadiri pula oleh Dandim 0608 Cianjur Letkol Inf Rendra Dwi Ardhani, Kapolres Cianjur diwakili oleh Kabag Ops Polres Cianjur Kompol Warsito, Ketua DPRD Kab. Cianjur Bpk. Ganjar Ramdhan, serta pejabat lainnya.

Dalam sambutannya, Herman Suherman menyampaikan amanat Menteri Sosial. Ia mengatakan, Hari Pahlawan mengingatkan kembali tentang peristiwa di Surabaya sebagai momen bersejarah bagi kemerdekaan Indonesia.

“Pada pertempuran tersebut tetap bersatu padu berjuang pantang menyerah melawan penjajah yang ingin menancapkan kembali kekuasaannya di Indonesia,” tuturnya.

Selain itu, Herman menuturkan, dengan peringatan ini, masyarakat lebih menghargai jasa pahlawan.

“Sebagaimana ungkapan salah seorang the founding father kita, Bung Karno menyatakan bahwa ‘hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawan dapat menjadi bangsa yang besar’,” ucapnya.

Pahlawan Masa Kini

“Selain itu peringatan Hari Pahlawan, kita bangkitkan semangat inovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini sebagai tema peringatan hari pahlawan tahun 2019 ‘Aku Pahlawan Masa Kini’,” imbuh Herman.

Herman menyebut, menjadi pahlawan masa kini dapat dilakukan siapa pun, dalam bentuk aksi nyata yang memperkuat keutuhan NKRI.

“Seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis dan merugikan orang lain dan sebagainya,” ucap dia.

Herman mengatakan upacara Hari Pahlawan ini bukan hanya ajang seremonial belaka. Ia mengimbau, peringatan ino diisi dengan aktivitas yang menumbuhkan nasionalisme.

“Tetapi dapat diisi dengan berbagai aktivitas yang dapat menyuburkan rasa nasionalisme dan meningkatkan rasa kepedulian untuk menolong sesama yang membutuhkan.

Herman mengatakan, dengan menjadikan diri sebagai pahlawan masa kini. Maka, permasalahan yang tengah melanda bangsa Indonesia dapat teratasi.

“Dengan menjadikan diri kita sebagai pahlawan masa kini, maka permasalahan yang melanda bangsa dewasa ini dapat teratasi,”

“Untuk itu, marilah kita terus-menerus berupaya memupuk nilai kepahlawanan agar tumbuh subur dalam hati sanubari segenap insan masyarakat Indonesia.” tandas dia.(afs)

Baca Selengkapnya

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker