Today

Update Bencana Sindangbarang: Banjir Surut, Longsor Masih Siaga

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Banjir dan longsor yang terjadi di Kampung Nyalindung RT 02/02, Desa Kertasari, Kecamatan Sindangbarang kini sudah mulai surut dan dibersihkan.

Diketahui, banjir menimpa Kampung Jaringaok, Kampung Nyalindung, Kampung Cibanggala, Kampung Cimanggu, Kampung Ciseblak, Kampung Sadanganyar, Kampung Cisayang, Desa Kertasari, Kecamatan Sindangbarang.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Moch Irfan Sofyan mengungkapkan, per 30 Oktober 2020 debit air sempat terus bertambah hingga satu meter. Sehingga warga pun harus diungsikan ke tempat yang lebih aman dan diperkirakan seluruh warga yang terdampak banjir ada sebanyak 60 KK.

“Namun, pada Sabtu (31/10/2020) pagi luapan air sudah surut dan warga saat ini sedang membersihkan rumahnya masing-masing. Kondisi mulai aman terkendali,” jelasnya pada Cianjur Today, Minggu (1/11/2020).

Sementara untuk longsor yang terjadi, sempat membuat sembilan rumah, sembilan KK, dan 25 jiwa terancam, sehingga warga pun diungsikan ke rumah keluarga terdekat.

“Pertama kali longsor menimpa rumah milik warga bernama Nedi (50) beserta lima orang anggota keluarganya yang hanya mengalami rusak ringan,” ujarnya.

Irfan menambahkan, saat ini di lokasi longsor, material longsor yang menutupi jalan provinsi di Kampung Cisitu, Desa Talagasari sudah ditangani oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Jawa Barat.

“Di Kampung Nyalindung, Desa Kertasari warga belum dapat kembali ke rumahnya masing-masing. BPBD akan melakukan pengecekan ke lokasi longsoran dan sekitarnya,” jelasnya.

Ia menyebut, situasi saat ini belum normal karena masih ada kemungkinan terjadi longsor susulan, terutama apabila hujan terjadi kembali.

“Kami dan aparat desa Kertasari sedang berupaya untuk menangani pengungsi dan terus memastikan kemanan di lokasi longsor. Pihak PUPR Provinsi Jabar pun masih terus melakukan penanganan material longsoran,” paparnya.

Selain itu, ia menjelaskan, tenaga dan perlengkapan perlu disiagakan untuk siap evakuasi warga yang mungkin akan terdampak banjir dan longsor di sekitar wilayah tersebut. Karena cuaca mungkin masih akan turun hujan kembali.

“Saat ini, ada sebanyak sembilan rumah yang terancam longsor, satu rumah tertimpa longsor dan pohon. Ketebalan material longsoran dua meter dengan ketinggian tebing 20 meter,” tandasnya.(afs/sis)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Enable Notifications OK No thanks