Nasional

Usai Corona, Kini Muncul Hantavirus di China

CIANJURTODAY.COM – Setelah kemunculan virus Corona atau Covid-19, kini China harus menghadapi lagi satu virus baru bernama Hantavirus. Virus ini disebut-sebut lebih berbahaya dari Corona, karena dapat membunuh korbannya hanya dalam hitungan jam.

Menurut laporan yang dirilis Global Times, Rabu 25 Maret 2020, seorang pria asal Provinsi Yunnan China, dinyatakan meninggal setelah terpapar Hantavirus saat naik bus menuju Provinsi Shandong. Hal ini membuat seluruh penumpang lainnya harus menjalani tes.

Adapun pengertian Hantavirus menurut Pusat Pengendalian Penyakit, diketahui menyebar lewat tikus.

“Hantaviruses yang di Amerika dikenal dengan ‘Dunia Baru’ Hantavirus dan virus ini dapat menyebabkan Hantavirus pulmonary syndrome (HPS). Hantavirus yang lain dikenal dengan ‘Dunia Lama’ Hantavirus yang kebanyakan di Eropa dan Asia. Virus yang ini menyebabkan Hemorrhagic fever dengan renal syndrome (HRFS),” tulis CDC di situs resminya. 

Namun meski daya membunuhnya lebih dasyat dari Virus Corona Covid-19. Setidaknya virus ini hanya dapat menular dari hewan ke manusia. Tidak menular dari satu manusia ke manusia.

Gejala Hantavirus

Orang yang terinfeksi biasanya akan mengalami, gangguan kesehatan. Seperti kelainan ginjal dan paru-paru. Kemudian demam, bintik perdarahan pada muka, sakit kepala, kemudian hipotensi, oliguria (sedikit buang air kecil), lalu diuretik (sering buang air kecil).

Meskipun tidak menular dari manusia, namun alangkah baiknya kita juga waspada, karena Hantavirus disebarkan tikus atau hewan pengerat, yang tentu saja banyak ditemui di Indonesia. Penularannya dapat melalui, kotoran atau urine hewan tersebut yang mungkin, tidak sengaja tersentuh. (ct2/rez)

Dirangkum dari berbagai sumber | Foto: Pixabay

Baca Selengkapnya

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker