Today

Vaksin Booster, Ribuan Nakes di Cianjur Jalani Vaksinasi Dosis Ketiga

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Ribuan tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Cianjur menjalani vaksinasi dosis ketiga Covid-19, di Gedung Gelora Muda (GGM) Panembong Cianjur, Selasa (10/8/2021).

Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Cianjur, dr Yusman Faisal menyebut, jumlah nakes di Cianjur yang akan menjalani vaksinasi dosis ketiga ada sebanyak 6.392 orang.

Namun, lanjutnya, vaksinasi akan dilakukan secara bertahap, di mana setiap harinya hanya sekitar 1.000 nakes saja yang akan divaksin. Karena akan dibagi menjadi dua waktu, yakni untuk wilayah 1, 2, 3 dan untuk yang kedua wilayah 4, 5 dan, 6.

“Mulai dari kemarin kami sudah mulai vaksinasi dosis ketiga ini dengan menggunakan vaksin Moderna. Sehingga ditargetkan dalam beberapa hari sudah selesai,” ucapnya.

Khusus untuk Nakes rumah sakit, lanjut Yusman, dilaksanakan langsung oleh pihak rumah sakit.

“Kami hanya melakukan vaksinasi untuk nakes di puskesmas dan di lingkungan dinas. Khusus untuk yang di RS, langsung oleh pihak RS,” ungkapnya.

VAKSINASI: Ribuan nakes di Cianjur jalani vaksinasi dosis ketiga. (Foto: Riski Maulana/cianjurtoday.com)

Yusman menuturkan, vaksinasi ketiga ini diharapkan, semua nakes memiliki kekebalan tubuh yang lebih kuat. Karena nakes adalah garda terdepan dan pintu masuk pertama masyarakat yang akan melakukan pelayanan kesehatan.

“Insya Allah, dengan vaksin booster ini semua nakes akan terlindungi dari paparan atau dari penyakit berat dari Covid-19,” jelasnya.

Yusman menegaskan, vaksinasi ketiga ini khusus untuk para nakes saja, sehingga masyarakat jangan salah paham karena sudah datang dan akhirnya ditolak.

“Vaksinasi ini diperuntukan hanya untuk nakes dan jumlah vaksinnya terbatas. Nanti, kalau ada kiriman vaksin yang sudah memadai, masyarakat juga dapat segera menerima vaksin,” ungkapnya.

Senada, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur Irvan Nur Fauzi, mengatakan, dalam pelaksanaan vaksinasi nakes, puluhan warga di luar nakes sempat datang untuk mengikuti vaksinasi.

Hal tersebut terjadi karena kurangnya informasi dari pihak Puskesmas setempat kepada masyarakat

“Kami meminta maaf, mungkin informasinya kurang detail, sehingga mereka tidak mengetahui bahwa vaksinasi sekarang khusus untuk para Nakes,” ungkapnya.

Sementara itu, salah satu nakes Klinik Ash-Shiddiq Ciwalen Kecamatan Warungkondang, Kharisma (25) mengatakan, sangat antusias menjalani vaksinasi dosis ketiga ini.

“Saat ini sudah menjalani vaksinasi yang ketiga. Perasaan awalnya takut sih, tapi setelah divaksin itu biasa saja,” imbuhnya.

Kharisma berpesan kepada masyarakat, vaksin tentunya bermanfaat bagi kekebalan tubuh untuk melawan Covid-19.

“Untuk masyarakat jangan takut divaksin, agar imunitas tubuh kita kebal terhadap virus Corona,” pungkasnya.(ct9/sis)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button