Today

Vaksinasi Covid-19 Dosis Ketiga Hanya untuk Nakes

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Vaksin booster atau vaksinasi Covid-19 dosis ketiga saat ini hanya diperuntukan kepada tenaga kesehatan (nakes). Ini karena nakes berada di zona atau wilayah kerja dengan risiko cukup tinggi.

Tak hanya itu, mereka yang berada di bidang kesehatan seperti petugas kebersihan hingga bagian keamanan di rumah sakit maupun puskesmas akan kebagian vaksin ketiga.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Cianjur, dr Irvan Nur Fauzy menjelaskan, booster hanya untuk nakes saja, pejabat sekalipun tidak diperkenankan. Sementara sektor lainnya terlebih masyarakat umum belum bisa mendapatkan porsi tersebut.

“Saat ini sudah disuntikan booster ke 1.880 nakes. Masyarakat umum enggak boleh, bahkan pejabat sekalipun. Hanya nakes dan pembantu faskes,” kata dia kepada Cianjur Today, Minggu (29/8/2021).

Juru Bicara Pusat Informasi Covid-19 Kabupaten Cianjur, dr Yusman Faisal menambahkan, masyarakat umum belum terdapat program vaksin booster atau vaksinasi dosis ketiga karena hanya untuk nakes dan pendukung.

“Pendukungnya seperti sopir ambulan dan bagian kebersihan, karena mereka bekerja di tempat berisiko sangat tinggi. Saat ini 90 persen orang sakit sudah bisa disebut suspek Covid-19,” jelas Yusman.

Ia menyebut, justru dengan masyarakat mendapatkan jenis vaksin booster sangat menguntungkan tanpa harus tiga kali pelaksanaan vaksinasi.

“Sebetulnya lebih diuntungkan masyarakat jika menerima vaksin jenis Moderna yang digunakan untuk booster nakes,” tandasnya.(afs/rez)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button