Today

Vaksinator Covid-19 di Cianjur Masih Terbatas

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Vaksinstor Covid-19 di Kabupaten Cianjur masih terbatas. Padahal, dalam waktu yang akan datang vaksinasi untuk masyarakat harus segera dilaksanakan.

Juru Bicara Pusat Informasi Covid-19 Kabupaten Cianjur, dr Yusman Faisal, mengatakan, sudah ada 350 vaksinator yang dilatih oleh Balai Pelatihan dan Penelitian Kesehatan (BPPK) Ciloto. Mereka tersebar di piskesmas, klinik, serta rumah sakit di Cianjur.

“Hanya saja untuk klinik swasta yang bekerja sama dengan Dinkes untuk tempat imunisasi atau vaksinasi itu masih sedikit. Jadi memang rasionya masih sedikit.” tuturnya kepada Cianjur Today, Rabu (10/3/2021).

Yusman mengungkapkan, vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat ditargetkan 3000 dosis per hari di 32 kecamatan. Jadi, sehari puskesmas dan jejaringnya harus mampu melayani 100 orang untuk vaksinasi.

“Dengan jumlah vaksinator ini dengan seiring waktu nanti akan ada pelatihan-pelatihan tentunya. Karena yang dilatih itu sebetulnya satu tim. 350 itu tidak hanya yang nyuntiknya saja tetapi mulai dari pendaftaran membuka aplikasi dan lain-lain ya. Vaksinator itu artinya bukan yang nyuntik saja tapi yang apa bekerja di dalam satu tim di empat meja itu,” jelas dia.

Selain itu, ia mengakui jumlah vaksinator di Cianjur masih terbatas. Namun pelatihan-pelatihan tetap akan digencarkan untuk menambah tim vaksinator.

“Tapi intinya sih semua puskesmas ya, rumah sakit sudah dilatih. Jadi bisa saja nanti yang sudah dilatih itu sebagai supervisor di situ. Kemudian yang belum dilatih karena memang kalau untuk menyuntik itu kan sudah terbiasa di profesi dokter, perawat, dan bidan itu sudah enggak asing. Tidak ada yang aneh gitu dengan penyuntikan terhadap balita, imunisasinya, atau dengan pada orang dewasa itu enggak ada perbedaan sama sekali,” tandasnya.(afs/rez)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Enable Notifications OK No thanks