Nasional

Viral Haramkan Catur, Begini Penjelasan Ustaz Abdul Somad

CIANJURTODAY.COM – Nama Ustaz Abdul Somad kembali viral di kalangan netizen, karena video ceramahnya yang tengah viral akhir-akhir ini. Dalam videonya kali ini, UAS berhasil mengusik emosi netizen karena dirinya membuat pernyataan haram permainan catur dan domino.

Video ini diketahui merupakan video lawas, yang diunggah akun Youtube bernama Teman Ngaji dua tahun lalu.

Dalam videonya itu, UAS mendapatkan pertanyaan dari salah satu jemaah mengenai permainan domino dan catur. Pertanyaan itu tertulis dalam secarik kertas yang dibacakan UAS.

“Maaf Pak Ustaz, boleh nggak main domino untuk mengisi waktu luang biasanya saat 17 Agustus?” Tulis sang penanya pada UAS.

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, UAS terlebih dahulu mengatakan firasatnya bahwa video ini berbahaya dan mungkin akan viral di masa depan.

” Ini rekaman berbahaya ” ujarnya.

Selanjutnya UAS mulai menanggapi pertanyaan tersebut, dengan mengatakan bahwa catur dan dadu adalah haram. Sebagaimana yang iya ambil dari hukum mazhab Hanafi.

“Mazhab Hanafi mengharamkan dadu dan catur, alasannya dua yakni pertama melalaikan sholat dan yang kedua menghilangkan waktu berhari-hari,” jelas UAS.

Selain itu dia juga menambahkan, bahwa dia masih belum setuju, apabila catur dimasukan kedalam kategori olahraga dan hanya permainan Semata. Menurutnya masih banyak olahraga lain, yang mengasah ketangkasan.

“Bahwa ketua persatuan catur marah pada saya, terserahlah tapi saya tidak setuju. Habiskan waktu itu, banyak yang perlu kita pikirkan. Bagaimana politik, bagaimana anak. Ini yang kita pikirkan cem mana pion-pion ini bisa selamat,” ungkapnya

“Dadu dan catur sifatnya permainan, menetapkan sesuatu yang belum ada hukumnya kepada sesuatu yang ada hukumnya dengan melihat titik persamaan antara keduanya,” ujarnya.

Ustaz Abdul Somad, memang sudah sering menjadi bahan pembicaraan netizen, karena ceramahnya. Dia kerap kali mengharamkan segala hal yang dirasa kurang baik. Sebut saja haram menonton drama korea. (ct2)

Penulis: Elga Nurani

Baca Selengkapnya

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker