Nasional

Viral! Logistik Tim Ducati untuk Ajang WSBK Indonesia Dibuka Tanpa Izin

CIANJURTODAY.COM, Mandalika – Sebuah video yang menunjukkan oknum pegawai MGPA membuka logistik milik Tim Ducati, jelang World Superbike (WSBK) Indonesia di Sirkuit Mandalika, viral di media sosial.

Dalam video terlihat, seorang pria berkemeja putih yang diduga merupakan oknum pegawai Mandalika Grand Prix Association (MGPA), dengan santai mengutak-atik kargo Ducati dan memperlihatkan sebuah motor berwarna merah.

Diketahui, motor tersebut merupakan besutan rider Tim Aruba.it Racing-Ducati, Michael Ruben Rinaldi. Pebalap asal Italia yang menduduki posisi keempat klasemen sementara WSBK 2021.

Sebelumnya, motor-motor para peserta telah tiba di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Senin (8/11/2021) untuk digunakan dalam gelaran WSBK Indonesia 2021.

Peristiwa tersebut langsung mendapat protes keras dari Tim Ducati hingga menyampaikan keluhan pada pihak WSBK dan menjadi sorotan dunia.

“Seorang koresponden dari Indonesia mengirimkan video kepada Speedweek yang menunjukkan seorang pegawai sirkuit dari penyelenggara lokal MGPA membuka kargo Ducati dan mengutak-atik sepeda motor pembalap pabrikan Michael Rinaldi. Kargo hanya boleh dibuka oleh pihak bea cukai dan tim untuk mencegah spionase dan manipulasi industri,” tulis Speedweek dalam laporannya.

Direktur WSBK Minta Maaf

Menanggapi hal tersebut, Direktur Eksekutif WSBK, Gregorio Lavilla pun meminta maaf kepada pihak Ducati dan langsung mengambil tindakan tegas pada oknum pegawainya tersebut.

“Kami sungguh meminta maaf. Kejadian ini berada di luar kendali kami. Pegawai yang bersangkutan sudah dipecat,” kata Lavilla dikutip Speedweek, Rabu (10/11/2021).

Kejadian ini tentu mencoreng nama Sirkuit Mandalika dan penyelenggaraan WSBK Indonesia. Padahal, ajang ini merupakan balapan bertaraf Internasional pertama yang akan dilangsungkan oleh lintasan berjarak 4,3 km tersebut.

Sirkuit Mandalika akan menjadi seri penutup Kejuaraan Dunia WSBK 2021. Dalam kalender WSBK 2021, Indonesia akan menjadi tuan rumah seri ke-13 yang akan berlangsung pada 19-21 November 2021.

Keamanan lintasan pun terus ditingkatkan, karena Sirkuit Mandalika juga akan menjadi lokasi kejuaraan balap motor paling bergengsi, yaitu MotoGP yang akan berlangsung pada Maret 2022 mendatang.

Sumber: Sporstars.id dan Instagram

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Enable Notifications OK No thanks