Today

Viral Petugas Kebersihan Buang Sampah di Sungai, DLH Cianjur: Itu Petugas dari Desa

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Beredar sebuah video yang memperlihatkan dua orang petugas kebersihan Cianjur yang membuang sampah ke sungai. Hal ini pun menuai komentar dari para warganet.

Video tersebut pertama kali diunggah oleh akun instagram @tri.sujatmika. Kini, video itu ikut diunggah ulang akun resmi Dinas Lingkugan Hidup (DLH) Kabupaten Cianjur, @dinaslingkunganhidupkabcjr.

Diketahui kejadian itu diduga terjadi di Kecamatan Kadupandak, Cianjur selatan. Diduga dua petugas kebersihan yang ada dalam video itu merupakan petugas kebersihan dari desa. Hal itu diungkapkan Kepala Seksi Pengumpul Angkut Sampah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cianjur, Sugandi. Ia menjelaskan warna cator atau motor roda tiga yang digunakan.

“Warna hijau catornya berarti itu petugas dari desa. Kalau DLH itu motornya warna biru,” jelasnya saat dihubungi Cianjur Today, Senin (06/07/2020).

Ia pun mengungkapkan, petugas yang melakukan hal tidak terpuji itu dapat dikenakan sanksi. Mulai denda hingga pemberhentian.

“Ada sanksinya, bisa denda. Tapi, kalau untuk SP pertama mungkin akan ada teguran dulu agar tidak melakukan hal yang serupa,” jelas dia.

Sugandi mengatakan, pihaknya akan menindaklanjuti kejadian ini dengan berkoordinasi dengan koordinator kebersihan di kecamatan. “Nanti saya infokan ke kecamatannya supaya bisa diberi teguran,” katanya.

Pihaknya menegaskan, tidak ada prosedur yang mengharuskan petugas kebersihan Cianjur membuang sampah ke sungai. “Gak ada. Malah kita lagi gencar membersihkan Citarum. Kalau untuk tempat pembuangan akhir itu ada koordinasinya dengan DLH.” tutupnya.(afs/rez)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker