Nasional

Viral, Unggahan Sherina Munaf Soal Kuda Pekerja, Begini Isinya

CIANJURTODAY.COM, Jakarta – Berita kuda penarik delman di Cianjur ternyata masih ramai menjadi pembicaraan netizen terutama bagi mereka pencinta binatang. Hal tersebut terlihat dari postingan akun Instagram pribadi milik penyanyi sekaligus artis dalam Film “Petualangan Sherina“, Sherina Munaf.

Ia menyampaikan kepeduliannya terhadap nasib kuda pekerja di Indonesia. Masih banyak kuda yang dipekerjakan manusia, menurut dia, tetapi tidak mendapat kehidupan layak.

“Di balik budaya yang sudah menjadi hal yang umum ini, kita luput dari kenyataannya bahwa banyak kuda pekerja di Indonesia yang hidup menderita,” tulis Sherina di akunnya, @sherinasinna, pada Selasa (26/1/2021).

Perempuan berusia 30 tahun ini kemudian melanjutkan:

“Mereka tidak mendapatkan makanan yang cukup, perawatan yang mencukupi apalagi perawatan medis. Mereka seringkali dipaksa bekerja sampai mati karena kelelahan. Ditambah lagi keadaan pandemi semakin memperparah kondisi kesejahteraan para kuda-kuda ini.”

Tentu saja, lanjut Sherina, kekejian itu harus segera dituntaskan. Tidak sepantasnya para kuda pekerja mengalami penderitaan seperti itu. Apalagi dipaksa bekerja sampai mati.

Tak lupa, Sherina pun turut menautkan akun-akun Instagram para sosok penting seperti Presiden Jokowi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Kementerian Pertanian, Walikota Jakarta Selatan, dan pihak terkait lainnya.

“Terakhir,” ia menulis lagi, “mari kita berharap bahwa kantor pemerintah di kota lain yang punya wewenang untuk membuat perubahan akhirnya juga menyadari, bahwa kekejaman dan siksaan terhadap kuda pekerja adalah hal yang tidak benar dan inilah saat untuk menghentikan semua Penderitaan yang tidak perlu terjadi!”

Apa yang diserukan Sherina pun membuahkan hasil. Ia menambahkan kabar terkini di unggahan tersebut.

“Update berita gembira: Drh Hasudungan A Sidabalok, MSi – Kasudin Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Selatan telah mengusulkan dimulainya suatu program dan kerja sama dengan Jakarta Animal Aid Network (JAAN) untuk meningkatkan kesejahteraan kuda pekerja di Jakarta Selatan. Program dimulai secara resmi pada Februari 2021, tapi Drh Hasudungan dan tim beliau sudah memulai persiapan lebih awal pada Desember 2020! Terima kasih! ”

Sudah? Belum, masih ada kabar gembira lainnya.

“Berita gembira lainnya adalah bahwa JAAN baru saja membahas program ini dengan Ibu Drh Rismiati MSE, Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas KPKP Propinsi DKI Jakarta, yang mengatakan bahwa beliau berkomitmen untuk menerapkan program ini di seluruh wilayah di Jakarta!”

Namun begitu, Sherina tak ingin mengaku sebagai pahlawan. Maka istri dari Baskara Mahendra itu pun juga mengucapkan terima kepada beberapa rekan artisnya yang turut menyuarakan kegelisahan yang sama.

“Shoutout dan terima kasih kepada @melaniesubono dan @chelseaislan yang bersuara dengan platform masing-masing untuk menentang ketidakadilan bagi makhluk yang tidak dapat membela diri mereka sendiri,” tutup Sherina.(sis)

Berikan Komentar Kalian

Back to top button