Gaya Hidup

Viral Video Curanmor, Kunci Setang Motor ke Arah Kanan Bisa Cegah Pencurian

CIANJURTODAY.COM – Sebuah video rekaman CCTV tengah viral di media sosial yang memperlihatkan aksi pencurian kendaraan bermotor (curanmor). Namun, motor yang menjadi incarannya dikunci dengan posisi setang ke arah kanan. Sehingga pencuri pun kesulitan melakukan aksinya.

Dari rekaman video yang beredar, di lokasi kejadian tampak ada dua motor yang berjarak sekitar beberapa meter. Satu motor berjenis bebek, dan satu lagi skuter matik. Motor jenis bebek dikunci dengan posisi setang menghadap ke kiri, sedangkan skutik ke arah kanan.

Maling yang beraksi seorang diri itu tampak lebih memilih mengincar skutik. Sebelum beraksi, dia lebih dulu melihat kondisi lingkungan sekitar. Setelah beberapa saat mengamati, maling tersebut akhirnya mendekat ke arah motor skutik yang diincarnya.

Setelah memulai melancar aksinya, maling tersebut tampak kesulitan membobol kunci motor incarannya itu. Setelah mencoba hampir satu menit, ia pun terlihat lebih memilih pergi dari lokasi.

Diketahui, sebagian motor memang bisa dikunci setang ke arah kanan. Posisi tersebut dinilai lebih aman dibanding dengan kunci setang ke arah kiri.

Walaupun tidak menjamin sepenuhnya, posisi kunci setang ke arah kanan dianggap cukup menyulitkan maling untuk beraksi.

Beberapa orang sudah mempraktikan sulitnya memasukkan kunci T ke lubang kunci, jika setang motor menghadap ke arah kanan. Kunci T adalah perangkat perbengkelan yang sering digunakan maling motor untuk beraksi.

Dipraktikkan ke salah satu motor jenis Honda Beat, posisi setang ke arah kanan membuat setang motor menjadi sedikit menutup lubang kunci sehingga menyulitkan untuk memasukan kunci T.

Posisi tersebut membuat maling menghabiskan waktu lebih banyak untuk membobol kunci motor.

Berbeda halnya jika posisi setang dikunci ke kiri. posisi ini, lubang kunci tidak tertutup oleh setang. Waktu untuk membobol lubang kunci pun relatif lebih cepat.

Tujuan posisi kunci menghadap setang ke kanan untuk menghambat kerja maling. Namun, cara ini tidak berlaku untuk jenis sepeda motor sport, yang memiliki lubang kunci di bagian atas.

Artinya, motor sport baik dikunci ke kanan atau ke kiri, lubang kunci tetap bebas tidak tertutup setang. Untuk lebih aman dari aksi curanmor saat parkir, ada baiknya tetap memasang kunci pengaman ganda yang sudah banyak dijual di pasaran.

Motor yang Menjadi Sasaran Maling

  1. Kondisi Standar

Kondisi yang masih standar memang sering jadi incaran. Misalnya seperti jumlah spion yang masih ada dua, body original dan lain sebagainya.

Nah, di tangan para maling, motor akan dipreteli dan kemudian dijual bagian-bagiannya. Kalau spare part motor yang masih original, jika dijual kembali harganya akan mahal.

  1. Harga Tinggi

Motor yang mempunyai harga tinggi, akan mudah untuk dijual. Jika dipreteli pun, sparepartnya juga pasti dibeli dengan harga yang cukup mahal.

Berhati-hatilah kalian yang mempunyai motor dengan harga mahal di pasaran. Bisa-bisa motor kalian jadi salah satu incaran komplotan pencuri.

  1. Motor Matic

Motor matic seringkali dipakai oleh wanita, yang dianggap lemah oleh maling. Apalagi motor matic juga saat ini banyak dipakai pelajar yang masih belum pengalaman dengan motor.

Sehingga, para maling sangat suka dengan kendaraan roda dua dengan model ini. Jika si korban tidak mau memberikannya, mereka biasanya melakukan ancaman.

Selain itu kunci motor matic juga lebih gampang dibobol. Begitu juga kunci setang atau kunci leher motor matic lebih mudah dipatahkan sehingga gampang dicuri.

  1. Keluaran Terbaru

Sama seperti kita, maling juga suka dengan motor keluaran terbaru. Namun bedanya, mereka mendapatkan motor tersebut dengan cara tidak halal.

Apalagi kalau bukan karena harga motor maupun spare partnya masih tinggi. Jadi jika kalian punya motor keluaran terbaru, dijaga dengan baik ya. Sebisa mungkin letakkan di tempat yang aman dan kunci setang ke arah kanan.(ct7/sis)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker