Today

Virus Corona Bisa Menempel di Benda, Ini Penjelasan Dokter Yusuf

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Salah seorang pakar kesehatan Cianjur, Dokter Yusuf Nugraha mengatakan, virus corona atau Covid-19 bisa menempel di benda mati. Bukan hanya karpet atau sajadah, namun di benda-benda lain seperti gagang pintu atau bahan-bahan stainless lain.

“Ketika orang bersin kemudian nempel di situ, virusnya masih hidup. Itu bisa menyebarluaskan virus,” tuturnya saat dihubungi Cianjur Today, Jumat (13/03/2020).

Ia menilai, hal yang akan dilakukan Menteri Agama, Fachrul Razi tentang imbauan ke masjid-masjid merupakan upaya untuk mencegah penularan virus corona. Selain itu, ia pun menyarankan, salaman sebaiknya menggunakan kode.

“Untuk mencegah penularan, kayak salaman juga sebaiknya sekarang diimbau untuk menggunakan kode aja. Itu sebetulnya untuk mencegah penularan antara satu orang dengan orang yang lain,” tuturnya.

Ia menjelaskan, penularan virus corona terjadi karena adanya percikan atau droplet. Yusuf menuturkan, ketika seseorang batuk atau bersin, maka akan menularkan partikel yang sangat kecil dan bisa menempel di mana saja.

“Jadi poin utamanya adalah ketika bersin batuk itu wajib ditutup agar tidak terjadi penularan. Kemudian kepada setiap orang harus menjaga dirinya, menjaga kebersihan,” kata dia.

Selain itu, ia menyebut, bagi orang yang sehat harus rajin mencuci tangan. Dalam mencuci tangan sebaiknya menggunakan antiseptik atau sabun.

“Kemudian jaga daya tahan tubuh, ketika daya tahan tubuh baik kesembuhan juga akan cepat. Itu sebabnya, banyak yang sembuh dari virus corona, karena daya tahan tubuhnya baik.” tutupnya.(afs/rez)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami