Today

Virus Corona Bisa Nempel Berhari-hari, Masker Kain Harus Diperhatikan

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Masker kain saat ini menjadi barang yang sangat dibutuhkan, terutama demi mecegah penularan virus corona atau Covid-19. Namun, bukan berarti asal memakai masker kain, karena jika walaupun tetap menggunakan masker kain, tetap bisa menularkan penyakit jika tidak dibarengi cara pemakaian yang baik.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (PDP) Dinas kesehatan (Dinkes)r sekaligus Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Kabupaten Cianjur, dr Yusman Faisal menyebut, masyarakat cukup memiliki dua masker kain saja untuk keperluan sehari-hari.

“Sebetulnya cukup kita punya dua masker kain, hari pertama pakai yang pertama. Kemudian hari berikutnya menggunakan masker yang kedua, dan masker pertama bisa dicuci,” tuturnya ketika ditemui Cianjur Today di Kantor Dinskes Cianjur, Rabu (22/04/2020).

Namun, dr Yusman mengungkapkan, dalam mencuci maskerkain agar bisa steril harus menggunakan disinfektan atau bahan pembersih lain seperti pemutih dan pembersih lantai dengan komposisi yang telah ditentukan.

“Dicuci terutama harus dengan desinfektan. Kami menganjurkan kan banyak komposisi dari pembersih. Atau pemutih itu bisa dipakai atau pun seperti pembersih lain dengan komposisi yang sudah ditentukan. Itu bisa dipakai berulang-ulang asal satu hari pakai terus dicuci,” ungkap dia.

Sampai saat ini masih banyak masyarakat yang hanya menggunakan satu maskerkain dalam jangka waktu yang panjang. Menurut, dr Yusman, hal itu sangat tidak efektif. Bahkan bisa membawa penyakit ke rumah.

“Kalau dipakai terus-menerus tidak efektif, kalau sudah terkontaminasi pada hari itu terus dipakai lagi ya percuma. Karena virus corona itu menempel di bahan kain bisa berhar-hari bisa dibawa pulang ke rumah. Dan bisa jadi sumber penularan di rumah.” pungkasnya.(afs)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button