Bisnis TodayOpini

Vtube Hanyalah Penipuan Bisnis Iklan? Ini Ulasannya

CIANJURTODAY.COM – Siapa sangka, banyak rumor berbeda bahwa Vtube adalah penipuan bisnis iklan. Memang, bisnis online begitu menggiurkan, namun jika salah memilih maka bukan untung yang didapat, melainkan kerugian.

Kini muncul bisnis baru bernama Vtube yang katanya bisa mendapat uang HANYA dengan menonton video. Benarkah? Sesimpel itu? Semua orang pasti juga mau kalo cuma begitu.

Katanya cukup daftar, kemudian download aplikasi Vtube kemudian tonton iklan di dalamnya maka akan ada reward/poin yang bisa diuangkan.

Perusahaan tersebut mengklaim bahwa ini adalah bisnis periklanan. Tapi, ini adalah negeri yang ajaib, banyak orang yang gampang percaya dengan cara mudah bisa mendapatkan uang. Sebelumnya ada kasus Braderhud, Klikshare, hingga Memiles.

Semuanya muncul dan booming tapi tidak lama kemudian menghilang. Member yang sudah terlanjur bergabung akhirnyapun rugi. Mana mungkin bisa mendapatkan uang hanya dengan klik iklan, melihat iklan, atau menonton video? Tidak mungkin! Tidak semudah itu mendapatkan uang secara online.

Lalu bagaimana skema bisnis iklan online yang sebenarnya? Begini, Produk A memasang iklan di internet. Kemudian, si pemilik produk A tersebut akan membayar (misal) Rp 1000 kepada layanan iklan untuk setiap orang yang mengklik atau menonton iklan tersebut.

Apakah si pemilik produk ingin iklannya di klik orang? Tentu! Tapi, si pemilik produk pasti sangat ingin iklannya ditonton atau diklik oleh orang yang berpotensi membeli produk mereka, bukan orang ‘suruhan’. mengapa? Karena orang suruhan bukanlah potential buyers. Kemungkinan mereka membeli produk tersebut sangatlah kecil.

Si pemilik produk tentu ingin iklannya diklik atau ditonton oleh orang yang memang berminat dengan produk tersebut. Oleh karena itu, penting untuk menetapkan target audience di dalam bisnis periklanan.

Misalkan, jualan obat peninggi badan, maka target yang bisa ditetapkan adalah orang yang memiliki tinggi badan yang minim, karena libido mereka sudah melemah. Jika seseorang memasang iklan di Google, maka Google akan menampilkan iklan tersebut ke orang-orang yang ditargetkan oleh pengiklan.

Vtube Penipuan Bisnis Iklan?

Apakah vtube Penipuan Bisnis dengan menggunakan pola periklanan? Mari kita bahas, setelah memahami konsep bisnis iklan secara umum, kali kita akan membahas tentang bisnis iklan di aplikasi Vtube.
‘Orang Nonton Iklan Dibayar’
Artinya, tidak ada target audience disitu.

Semua orang itu merupakan anggota Vtube bisa menonton iklan tersebut. Para member ini menonton iklan bukan karena ketertarikan, melainkan karena ingin dibayar. Jadi, potensi para member ini untuk membeli produk yang ada diiklan pasti sangatlah kecil.

Tidak ada produk yang mengiklankan dengan cara seperti itu, bisa rugi besar dong perusahaan yang beriklan dengan cara seperti itu. Seseorang harus bayar ke Vtube karena iklannya ditonton oleh orang. Di sisi lain, para penonton itu bukanlah potential buyers.

Bukan calon pembeli, tapi orang yang disuruh menonton video supaya bisa mendapatkan poin

Vtube Penipuan Apa Bukan?

Kesimpulannya, jika perusahaan Vtube mengklaim bahwa mereka adalah bisnis periklanan maka itu adalah penipuan, bohong atau menipu. Model bisnis seperti ini sudah ada sebelumnya dan terbukti penipuan, yaitu KlikShare dan Memiles.

“Tapi Vtube Bisa Membayar Membernya”
Vtube bisa membayarnya tentu dari para member itu sendiri. Persis seperti KlikShare dan Memiles, member yang sudah mendaftar terlebih dahulu akan berpotensi mendapat keuntungan lebih besar ketimbang member yang mendaftar belakangan.

Kalau kasus yang sudah-sudah,uangnya berasal dari uang member yang upgrade membership.

Nantinya, keuntungan member lama akan diperoleh dari member baru yang melakukan upgrade membership. Ketika mengupgrade membership tersebut si member akan mendapat beberapa keuntungan, seperti poin per hari bertambah atau konversi poin per iklan bertambah sehingga semakin cepat mengumpulkan poin.

Inilah yang biasanya akan membuat member gratis tertarik lalu beralih ke member berbayar.
Vtube mengaku bahwa mereka menjalankan bisnis periklanan. Artinya, ada pemilik produk yang mengiklankan produk mereka di Vtube. Namun, jika dibandingkan dengan konsep bisnis iklan yang sebenarnya, justru bertolak belakang.

Teman-teman, tidak ada yang gampang dan semudah itu untuk mendapatkan uang, maka berhati-hatilah dalam setiap melakukan sesuatu, pastikan kalian sudah memahaminya dengan baik dan benar dan informasi yang kalian dapat sudah benar-benar akurat.(ct7/afs)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker