Today

Wagub Jabar Tinjau Pembangunan Ponpes Al-Uzlah Pacet, Hasil Investasi Kesultanan Oman

CIANJURTODAY.COM, Pacet – Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat melaksanakan peninjauan dan mengunjungi pembangunan Pondok Pesantren Al-Uzlah di Kampung Buniaga, Desa Ciherang, Kecamatan Pacet yang merupakan hasil kerja sama Jawa Barat dengan Kesultanan Oman.

“Kegiatan kali ini adalah memantau pembangunan masjid dan lokasi yang akan dikembangkan untuk tempat wisata hasil kerja sama dengan Kesultanan Oman. Di mana Kesultanan Oman ini ingin berinvestasi di wilayah Jabar untuk pengembangan perkotaan dan lokasi wisata di tanah milik Pemprov dengan sistem Build Operate Transfer (BOT),” ujar Wagub Jabar, Uu Ruzhanul Ulum saat diwawancarai Cianjur Today, Selasa (9/2/2021).

Uu menuturkan, Kesultanan Oman ini ingin membangun 1.000 masjid di wilayah Jawa Barat. Menurutnya, hal yang menjadi kebanggaannya adalah mereka ini tidak seperti organisasi yayasan lain yang dari luar negeri tampa adanya kordinasi dengan pemerintah daerah.

“Tapi kalau beliau ini menjalin komunikasi langsung dengan pemerintah, bahkan memberikan kewenangan pada pemerintah untuk menentukan titik pembangunannya,” ungkapnya.

Lanjut Uu, selain membangun masjid, akan dibangun juga fasilitas sanitasi air bersih bagi daerah-daerah yang membutuhkan, misalnya pesantren atau yayasan apabila ada yang membutuhkan sangat dipersilahkan.

“Kesultanan Oman pun berkomitmen untuk meningkatkan SDM masyarakat khususnya anak muda yang bekerja di perusahaan. Sebab, banyak SDM yang bekerja di perusahaan besar sering ditempatkan di tempat yang kurang strategis. Sementara tempat yang strategis dan bagus justru ditempati oleh orang dari luar Jabar,” paparnya.

Uu mengungkapkan, menurut Kesultanan Oman, keilmuan dan SDM para pemuda Jabar masih dinilai rendah. Sehingga pihaknya akan memberikan pendidikan khusus kepada mereka dan pelatihnya akan didatangkan langsung dari luar negeri, yakni Amerika Serikat.

“Jika anak muda sudah terlatih dan memiliki kemampuan profesional, insya Allah masyarakat Jawa Barat bisa meningkat kualitas SDM dan ujungnya bisa meningkatkan penghasilannya sendiri,” ungkapnya.

Sementara itu, Pimpinan Ponpes Al-Uzlah, KH Aceng Yazid, mengucapkan rasa terima kasih kepada pihak yayasan beserta pemerintah, karena telah membantu membangunkan masjid di Ponpes Al-Uzlah ini.

“Kebetulan kami sedang membutuhkan masjid di Ponpes ini, jadi alhamdulillah sangat terbantu sekali. Mudah-mudahan pembangunan ini bisa menjadi keberkahan bagi yang memberi dan menerima, termasuk untuk semua warga Jawa Barat,” tutupnya.(ct6/sis)

Berikan Komentar Kalian

Back to top button