TODAY

Warga Ciherang Tolak Hasil Lab Sumur Tercemar Bensin

CIANJURTODAY.COM, Pacet– Warga Desa Ciherang, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur memprotes hasil uji laboratorium pencemaran air sumur yang terjadi akhir-akhir ini. Hasil lab sendiri sudah keluar dan diumumkan di Kantor Desa Ciherang, Selasa (09/07/2019) pagi.

Yudhi, salah satu warga, menuturkan ada 63 warga yang ikut memprotes pencemaran air tersebut. Mereka menuntut supaya kasus ini ditangani oleh pihak terkait untuk segera diselesaikan.

Dampak pencemaran air sumur yang terjadi membuat warga sangat terganggu, dari kesehatan maupun hal lainnya.

Baca Juga: Tidur di Pom Bensin, Hingga Berjalan Kaki 10 Kilometer Demi Hidupi Anak Istri

Pemdes Ciherang Sisir Warga yang Belum Bikin KTP

“Kami ke sini untuk menunggu hasil uji coba lab yang diperiksa oleh pihak Dinas Lingkungan Hidup terkait kasus pencemaran air,” paparnya.

Yudhi dan warga Ciherang yang mengikuti aksi merasa kecewa dan menolak hasil uji lab yang dikatakan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cianjur. Parameter yang diujikan itu kategori industri sedangkan yang terjadi diduga terindikasi dari SPBU.

“Kami menolak hasil lab dari Dinas Lingkungan Hidup karena parameter yang diujikan itu kategori umum lebih ke kategori industri, tidak spesifik. Sedangkan di sini pencemaran terindikasi dari SPBU,” tuturnya.

Kabid Penaatan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup DLH Kabupaten Cianjur, Deden Junaedi, mengatakan hasil dari uji lab, air yang ada di Ciherang memang terindikasi pencemaran. Namun sumber pencemarannya belum diketahui.

“Hasil dari uji tersebut memang terindikasi tercemar, namun sumbernya belum diketahui. Kebetulan di sini ada SPBU, kalau unsur dari minyak itu masih di bawah baku mutu dan yang ternyata yang paling besar terindikasi dari Indikator alami,” tuturnya. (ct3)

Reporter : Arif Syarifudin
Redaktur : M Reza Fauzie

Baca Selengkapnya

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close

Matikan Blok Iklan Untuk Melihat Berita Kami

Dukung Kami Dengan Tidak Menutup Iklan