TODAY

Warga Cipanas Kerja Bakti Bareng 150 Negara

CIANJURTODAY.COM, Cipanas – Ratusan peserta mengikuti kegiatan kerja bakti massal bertajuk ‘World Clean Up Day 2019’ di kawasan Taman Makam Pahlawan Cipanas, Desa Sindanglaya, Kecamatan Cipanas, Minggu (22/09/2019).

Kegiatan ini diikuti oleh peserta dari 40-an jejaring lintas komunitas bersama masyarakat serta tokoh di Desa Sindanglaya Kecamatan Cipanas.

“Gerakan ini bertujuan membangkitkan kembali semangat gotong-royong dan cinta lingkungan yang hari-hari ini mulai pudar di masyarakat,” ujar Ketua Pelaksana World Clean Up Day wilayah Cianjur, Ihsan Waluyo.

Pria yang juga menjabat sebagai Executive Vice President Junior Chamber International (JCI) Chapter Cianjur ini mengatakan, gerakan Clean Up Day kali ini diselenggarakan serentak di lebih dari 150 negara di dunia.

“Target partisipasi gerakan tersebut adalah 5 persen dari populasi dunia atau sekitar 380 juta orang terlibat untuk bersih-bersih sampah di lingkungan sekitar selama satu hari,” tambahnya.

Ratusan peserta menunjukkan semangatnya dengan berkontribusi mengumpulkan sampah di jalan dan selokan. Dari aksi tersebut, sebanyak 800 kg sampah organik serta 750 kg sampah nonorganik berhasil dikumpulkan.

Ia berharap, kegiatan bersih-bersih lingkungan memberikan efek panjang terhadap kesadaran masyarakat, khususnya sekitar wikayah Cipanas dan Kabupaten Cianjur pada umunya.

“Permasalahan sampah adalah tanggung jawab setiap orang. Untuk itu kita semua harus bersama-sama untuk mengatasinya. Jadi, bukan hanya kegiatan seremoni hari ini saja, tapi membekas dan menjadi kegiatan rutinitas warga,” kata Ihsan.

Selain gerakan bersih sampah, dalam kegiatan ini juga dilakukan launching program Panti Asuhan Sampah dan ikrar lingkungan hidup lintas komunitas sebagai wujud keseriusan menanggulangi permasalahan sampah yang berkelanjutan.

Penggerak Panti Asuhan Sampah, Riki, menututurkan, dirinya turut terlibat dalam kegiatan ini karena merasa perlu menggalakan kembali kerja bakti di antara warga.

“Kerja bakti merupakan sebuah kegiatan rutinitas diwilayah kampung saya sebagai ajang bersilaturahmi antar warga. Juga, program panti asuhan sampah ini sebagai bukti serius masyarakat untuk penyelamatan lingkungan,” pungkasnya. (arm)

Reporter : Ario Rosmana
Editor : M Reza Fauzie

Baca Selengkapnya

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close

Matikan Blok Iklan Untuk Melihat Berita Kami

Dukung Kami Dengan Tidak Menutup Iklan