ABOUT DESA

Warga Desa Mekargalih Ciranjang Kompak Bersih-bersih Lingkungan

CIANJURTODAY.COM, Ciranjang – Warga Desa Mekargalih, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur kompak membersihkan fasilitas umum, Jumat (3/4/2020). Kegiatan ini dilakukan untuk menjaga kebersihan sekaligus mencegah penyebaran Virus Corona atau Covid-19.

Warga membersihkan saluran air di pinggir jalan raya, pemukiman, hingga menyemprot disinfektan ke rumah penduduk dan fasilitas umum.

Kepala Desa Mekargalih Kecamatan Ciranjang, Taryat Bibrata, menjelaskan, kegiatan kebersihan ini dilaksanakan sejak pekan lalu di setiap kampung. Misalnya Kampung Bedahan RW 10, Cibogo 2 RW 01, BTN Cibogo RW 02, dan kampung lainnya.

“Kekompakan dan kesadaran masyarakat untuk melaksanakan gotong royong masih cukup tinggi,” paparnya kepada Cianjur Today, Jumat (3/4/2020).

Selain menggiatkan bersih-bersih lingkungan, Pemerintah Desa Mekargalih juga mengimbau agar masyarakat perantau yang baru pulang untuk melapor. Selain itu, warga juga diimbau agar tidak keluar rumah jika tak ada kepentingan mendesak.

“Kepada seluruh Ketua RT, RW, dan masyarakat supaya mengawasi masyarakat yang baru pulang kerja dari luar kota. Mohon segera melaporkan pada Tim Pencegahan Virus Covid-19 di desa, atau langsung melapor pada Puskesmas Ciranjang,” tambahnya.

Tokoh Pemuda Desa Mekargalih, Hendar Awaludin, menjelaskan, selain melakukan penyemprotan disinfektan, warga juga membersihkan saluran irigasi yang berada di pinggir jalan raya. “Hingga kini membersihkan irigasi tersier masih berlangsung, karena saluran yang ada di Kampung Bedahan cukup banyak dan panjang,” tuturnya.

Ia berterima kasih pada Ketua RT 01 sampai dengan Ketua RT 04 du RW 10 beserta masyarakat yang telah kompak gotong royong.

Sementara itu Ketua RT 04 RW 10 Kampung Cibogo 2, Ami Nahini, menjelaskan, warga melakukan penyemprotan disfinsektan dan membersihkan lingkungan secara gotong royong. Dengan itu, diharapkan Virus Covid-19 tidak sampai ke wilayah Desa Mekargalih Kecamatan Ciranjang.

“Diharapkan seluruh masyarakat mampu mengikuti arahan pemerintah,” tuturnya.(ct5/rez)

Berikan Komentar Kalian

Back to top button