Today

Warga Gotong Royong Bangun Rumah yang Nyaris Amblas Akibat Pergerakan Tanah di Pagelaran

CIANJURTODAY.COM, Pagelaran – Dua rumah yang nyaris amblas akibat pergerakan tanah di Kampung Pasir Haur RT 04/RW 04 Desa Sindangkerta, Kecamatan Pagelaran kini mulai dibangun warga secara gotong royong.

Koordinator Kecamatan (Korcam) Retana Pagelaran, Iwan mengatakan, renovasi dua rumah tersebut dilakukan atas inisiatif warga setempat yang dibantu tim Retana. Sebab, hingga saat ini belum ada peninjauan atau perhatian apapun dari pemerintah setempat maupun Pemkab Cianjur.

“Dari pihak pemerintah setempat belum ada sama sekali peninjauan atau respon, apalagi hal yang menyangkut pendanaan. Renovasi ini berdasarkan antusias dan dana swadaya dari RT/RW serta masyarakat setempat,” ujar Iwan kepada Cianjur Today, Senin (5/4/2021).

Iawan mengatakan, penghuni dua rumah warga atau dua Kepala Keluarga (KK) yang terancam amblas tersebut sudah diungsikan ke tempat lebih aman, sambil menunggu sementara waktu tahap pembangunan selesai.

“Sementara ini, dua KK tersebut sudah diungsikan pada kerabat dekatnya dikarenakan rumah masih dalam tahap pembangunan oleh warga setempat,” ucapnya.

Iwan menyebut, saat ini pihaknya membutuhkan biaya sekitar Rp15 juta untuk mengevakuasi lokasi kejadian.

“Kami mohon dengan sangat, tolong dipertimbangkan dan segera diverifikasi untuk adanya bantuan dengan segera. Baik dari tingkat desa, kecamatan, maupun Pemkab Cianjur,” paparnya.

Sebelumnya diberitakan, bencana pergerakan tanah terjadi di Kampung Pasir Haur RT 04/RW 04 Desa Sindangkerta, Kecamatan Pagelaran yang menyebabkan dua rumah warga terancam amblas.

Peristiwa tersebut dilaporkan pada Senin (29/3/2021) sekitar jam 23.36 Wib, akibat intensitas hujan yang terus-menerus mengguyur wilayah Desa Sindangkerta.(ct9/sis)

Berikan Komentar Kalian

Back to top button