Today

Warga Tanjungsari Cianjur Gotong Royong Bersihkan Pohon Tumbang dan Perbaiki Rumah Rusak

CIANJURTODAY.COM, Sukaluyu – Pemerintah dan masyarakat Desa (Pemdes) Tanjungsari, Kecamatan Sukaluyu, Kabupaten Cianjur gotong royong membersihkan pohon tumbang, Senin (12/4/2021). Kegiatan ini diikuti pula oleh BPD, LPM, Karang Taruna, dan Retana.

Kepala Desa Tanjungsari Cianjur, Waldi Akbar Yacob menjelaskan, bencana alam angin kencang yang disertai hujan deras pada Minggu (11/4/2021) itu mengakibatkan belasan rumah rusak tertimpa pohon tumbang. Tidak hanya itu, ada beberapa pohon besar beserta rumpun bambu tumbang melintang menutupi akses jalan.

“Sejak kemarin malam hingga sekarang gotong royong mengevakuasi pohon tumbang yang menimpa bangunan rumah dan jalan raya,” paparnya kepada Cianjur Today, Senin (12/4/2021).

Waldi mengatakan, ada tiga bangunan rumah milik warga yang mengalami rusak berat dan akan diperbaiki secara gotong royong. Biayanya berasal dari hasil urunan masyarakat.

“Berkat kerja sama yang solid, gotong royong tersebut terlaksana dengan tertib, aman, dan lancar. Semoga saja semua itu menjadi ladang amal,” tuturnya.

Seperti yang diketahui, angin kencang menyapu beberapa kecamatan di Kabupaten Cianjur, Minggu (11/4/2021) sekitar pukul 14.00 Wib.

Dari data sementara yang dihimpun, tercatat ada belasan rumah rusak hingga sejumlah pohon dan tiang bertumbangan.

Di Desa Tanjungsari Kecamatan Sukaluyu tercatat ada 12 rumah warga rusak akibat tertimpa pohon tumbang.

Informasi yang dapat dihimpun, siang harinya panas matahari terasa cukup menyengat. Namun sekitar pukul 13,00 Wib mendadak mendung disusul hujan lebat disertai angin kencang.

Tak lama kemudian, pepohonan yang berada di pinggir jalan H. Much Saleh tepatnya di Kampung Cimuti Karangtengah sampai Kampung Sodong Desa Tanjungsari tumbang.

Selain menghalangi arus lalu lintas, pohon tumbang juga memutuskan kabel dan menimpa belasan rumah milik warga setempat.

Kepala Desa Tanjungsari, Waldi Akbar Yacob mengatakan, ada enam pohon besar yang tumbang di wilayahnya.

Tiga pohon di antaranya menimpa bangunan rumah milik warga, tiga pohon lagi menutupi jalan raya. Selain itu satu rumpun kebun bambu menutupi arus lalu lintas.

“Seluruh yang rusak akibat angin kencang disertai hujan lebat itu sebanyak 12 bangunan, yang mengalami rusak berat sebanyak tiga bangunan rumah,” ucapnya.

Waldi menambahkan, angin kencang yang melanda Tanjungsari Cianjur tidak mengakibatkan korban jiwa. Namun kerugian material diperkirakan mencapai Rp80 juta.(asi/rez)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button