Today

Waspada! Hoaks Link Bantuan PPKM Rp300 Ribu Beredar di WhatsApp

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Baru-baru ini pengguna WhatsApp tengah ramai dengan pesan berantai berisi link bantuan PPKM atau Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat sebesar Rp300 ribu.

Dalam keterangan pesan tersebut, tertulis perintah untuk mengecek nama kita, apakah terdaftar sebagai penerima manfaat lengkap dengan link yang harus di klik.

“Cek nama Anda untuk menerima bantuan PPKM sebesar Rp 300.000.

Periksa apakah nama Anda ada di daftar untuk menarik manfaat

Daftar lengkap
http://bantuanppkm.online/pembagian-subsidi/?PPKMjuni,” tulis keterangan tersebut.

Saat ditelusuri, link tersebut ternyata hoaks. Saat memasuki laman tersebut kita akan diarahkan untuk mengisi beberapa pertanyaan searah yang memiliki dua opsi Ya dan Tidak.

Setelah menyelesaikan semua pertanyaan, selanjutnya kita akan dinyatakan berhak mendapatkan bantuan. Namun setelah membagikan link kepada lima grup atau 20 orang teman.

Hal seperti ini kerap terjadi. Sebelumnya, juga sempat marak bantuan BPJS bagi masyarakat yang tersebar di WhatsApp dan Facebook, mekanismenya sama seperti penipuan PPKM ini.

Untuk link kali ini bahkan tidak jelas siapa penyelenggaranya, padahal bantuan seperti ini harusnya datang dari lembaga pemerintah dan masyarakat harus tahu ciri domain website pemerintah akan diakhiri go.id.

Beberapa korban yang sudah terlanjut mengklik dan menyelesaikan proses mendapatkan bantuan hoaks ini, mengaku menyesal setelah selesai semua prosedurnya.

“Saya juga gak mau beresin share grupnya karena mencurigakan. Masa hal seperti ini butuh share grup WA,” kata Esa (20) warga Cianjur, kepada Cianjur Today, Jumat (9/7/2021).

Kini link tersebut sudah tidak bisa diakses lagi. Selalu waspada ya, Today People!(ega/sis)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami