Gaya Hidup

Waspada! Kolesterol Mengintai Saat Mengonsumsi Daging Secara Berlebihan

CIANJURTODAY.COM – Momen Idul Adha, membuat sajian menu daging cukup melimpah. Namun ternyata, penyakit kolesterol mengintai saat kita mengonsumsi daging secara berlebihan.

Walaupun makan daging memiliki memiliki manfaat, tapi ternyata kalau berlebihan tidak memberi dampak baik bagi tubuh kita lho, Today People.

Kandungan baik yang terkandung dalam daging merah cukup banyak, mulai protein, vitamin, hingga mineral.

Manfaatnya untuk tubuh yaitu mencegah anemia, menjaga kesehatan sistem imun, dan masih banyak lagi.

Jika terlalu banyak makan daging merah, bisa terkena risiko penyakit kolesterol, jantung, stroke, bahkan kanker. Apalagi jika daging itu merupakan produk olahan.

Seperti sosis, kornet, dan lain sebagainya. Sebab, makanan olahan ini mengandung bahan pengawet.

Tanda-tanda Mengonsumsi Daging Berlebihan

1 Mengantuk Setelah Makan

Sebab, tubuh kita membutuhkan banyak energi untuk mencerna daging. Sehingga membuat cepat lelah atau mengantuk setelah makan daging.

Selain itu, ada beberapa jenis daging yang kaya akan triptofan. Salah satu contohnya adalah daging sapi. Triptofan merupakan asam amino yang dapat memengaruhi tidur.

2 Sembelit

Terlalu banyak makan daging tanpa diimbangi dengan serat dan air putih, dapat membuat kita sembelit atau susah buang air besar, lho.

3 Bau Mulut

Terlalu banyak makan daging juga dapat menimbulkan bau mulut. Karena tubuh kita menghasilkan amonia selama mencerna daging. Nah, bau amonia ini dapat mencapai mulut dan menyebabkan bau mulut.

4 Bau Badan

Tubuh kita akan mengerahkan banyak energi untuk mencerna daging. Ini menyebabkan suhu tubuh naik dan berkeringat. Hal ini tentu bisa memicu bau badan.

5 Kolesterol Tinggi

Sebenarnya, kolesterol bisa membantu membangun sel-sel sehat dalam tubuh. Namun, jika jumlahnya tidak seimbang atau terlalu berlebih, maka bisa berbahaya bagi tubuh.

6 Mood Cepat Goyah

Tubuh dan otak nyatanya sangat butuh asupan karbohidrat yang berasal dari tepung dan gula. Asupan karbohidrat ini diperlukan untuk merangsang produksi hormon serotonin sebagai pengatur mood Anda.

Nah, bagi Anda yang suka makanan olahan dari daging untuk makan sehari-hari, dikhawatirkan asupan karbohidrat Anda akan berkurang dan mood (suasana hati) Anda pun jadi tidak stabil sehari-harinya.

7 Berat Badan Mudah Naik dan Rentan Terkena Kanker

Faktanya, 7.000 orang dewasa di Amerika Serikat ditemukan 90 persen lebih mudah naik berat badan akibat mengonsumsi daging lebih dari 250 gram per harinya.

Saat Anda makan daging dalam jumlah banyak, Anda akan mudah menurunkan berat badan dalam kurun waktu yang singkat karena proteinnya. Namun, hal tersebut malah membuat berat Anda akan mudah naik kembali.

Harvard University menyatakan, bahwa orang yang suka makan daging lebih dari tiga kali dalam sehari berisiko terkena kanker usus besar ketimbang mereka yang makan daging lebih sedikit.

Tujuh hal di atas tadi adalah tanda-tanda kalau kamu mengonsumsi daging secara berlebihan. Jadi jangan terlalu berlebihan ya, Today People!(ct7/sis)

Sumber: Bobo.id

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button