Gaya Hidup

Waspada! Penipuan SMS BRI Tambah Tarif Transaksi Rp 150 Ribu Per Bulan

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – SMS penipuan yang mengatasnamakan Bank Rakyat Indonesia (BRI) meresahkan masyarakat. Dalam SMS tersebut, penipu yang mengatasnamakan BRI memberitahukan ada penambahan tarif transaksi sebesar Rp 150 ribu per bulan.

Dalam SMS tersebut, pengirim mengatakan bahwa penambahan tarif transaksi tersebut diterapkan atau diberlakukan kepada seluruh nasabah. Berikut isi pesan tersebut:

“Hallo Sobat BRI.

Sebagai nasabah loyal yang setia dengan tabungan BRI Simpedes/BritAma, kami ingin menyampaikan informasi kepada Anda terkait dengan perubahan sistem tarif transaksi dari layanan transfer antar bank yang semula senilai Rp6.500,-/transaksi menjadi Rp150.000,-/bulan.

Informasi ini kami sampaikan karena kini tarif tersebut sudah diberlakukan ke semua nasabah Bank BRI.

Jika Anda tidak setuju dengan tarif yang baru, silakan balas pesan ini dengan format: (Tarif Normal) & Jika Anda setuju balas dengan format: (Tarif Baru)

#SimpedesSerbaBisa

Jika Anda tidak memberikan tanggapan/respon apapun maka kami anggap bahwa Anda setuju dengan tarif yang baru dan akan di debet secara otomatis dr rekening Anda senilai Rp150.000/bulan.

Terima kasih.”

Apabila pesan tersebut dibalas, maka mereka akan memberikan sebuah link yang mengarah pada sebuah situs tak dikenal. Kemudian, akan ditampilkan beberapa pilihan yakni mendapatkan tarif normal atau tarif baru.

Link tersebut patut diwaspadai karena bisa dikategorikan sebagai situs phising yang bisa mencuri data nasabah. Bukan tidak mungkin mereka yang mengisi form di link tersebut akan kehilangan semua uang di rekeningnya.

Melalui akun instagram resminya @bankbri_id, BRI memberikan imbauan kepada para nasabah untuk bisa menghindari penipuan. Salah satunya yaitu untuk mewaspadai pesan WhatsApp, Telepon, email, link/website, serta akun yang mengatasnamakan BRI.

Selan itu, nasabah jangan membagikan PIN, username, password, kode OTP, kode CVV/CVC, dan M-Token kepada siapapun termasuk petugas BRI.

“Jaga selalu kerahasiaan data pribadi & perbankanmu. Kalau menemukan tindakan yang mencurigakan jangan sungkan segera hubungi kami melalui Call BRI 14017/1500017,” tulis BRI dalam akun instagramnya.(afs)

Berita Terkait

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami