Today

WHO Umumkan Adanya Kasus Baru Virus Ebola di Kongo

CIANJURTODAY.COM – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), umumkan adanya kasus virus Ebola baru di Republik Demokratik Kongo. Tepatnya di zona kesehatan Wangata, Mbandaka, di provinsi Équateur.

Informasi awal dari Kementerian Kesehatan, adalah bahwa enam kasus Ebola sejauh ini telah terdeteksi di Wangata. Dari enam orang tersebut, empat orang telah dinyatakan meninggal sedangkan dua lainnya masih dalam perawatan. Tiga dari enam kasus ini sebelumnya dikonfirmasi dengan uji laboratorium.

Di sisi lain, UNICEF mengabarkan ada 5 orang meninggal kasus virus Ebola ini, termasuk seorang gadis berusia 15 tahun.

“Empat orang tambahan yang tertular virus, semua kontak orang yang meninggal dan termasuk anak dari salah satu kasus fatal – sedang dirawat di unit isolasi di Rumah Sakit Wangata di Mbandaka,” ujar penyataan UNICEF.

Saat ini Kongo sendiri harus melawan pandemi virus corona, ditambah adanya virus Ebola dengan 6 kasus sejak kemunculannya pada 1 Juni 2020.

WHO juga kerahkan Tim mendukung pengumpulan dan pengujian sampel, dan rujukan ke laboratorium nasional untuk konfirmasi.

Saat ini pelacakan kontak sedang berlangsung. Adapun bantuan pasokan tambahan dari Kivu Utara dan dari Kinshasa untuk mendukung respons yang dipimpin pemerintah.

Diketahui sebanyak 25 orang lagi diperkirakan akan tiba di Mbandaka besok. Wabah baru Ebola ini diperkirakan terjadi di Republik Demokratik Kongo karena keberadaan virus di reservoir hewan di banyak bagian negara itu.

WHO juga giat memastikan bahwa layanan kesehatan penting diberikan kepada masyarakat, terlepas dari kejadian darurat ini.

“Ini adalah pengingat bahwa Covid-19 bukan satu-satunya ancaman kesehatan yang dihadapi orang,” kata Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus, Direktur Jenderal WHO.

“Meskipun banyak perhatian kita tertuju pada pandemi, WHO terus memantau dan menanggapi banyak keadaan darurat kesehatan lainnya,” lanjut dia.(ega/rez)

Sumber: Kompas.com

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Enable Notifications OK No thanks