Jabar

Windy Cantika Raih Medali Pertama di Olimpiade Tokyo, Ridwan Kamil Ucapkan Selamat!

CIANJURTODAY.COM, Bandung – Prestasi atlet Jabar memang tidak bida dianggap remeh. Pasalnya, Lifter putri Indonesia Windy Cantika Aisah berhasil menjadi penyumbang medali pertama bagi Indonesia dalam Olimpiade Tokyo 2020.

Windy yang turun di kelas 49 kg itu meraih medali perunggu setelah mencatatkan total angkatan 194 kg, dengan snatch 84kg dan clean and jerk 110 kg.

Sementara medali emas direbut oleh Lifter dari China, Hou Zhihui yang membukukan total angkatan 210 kg (snatch 94 kg dan clean and jerk 116 kg).

Sementara Lifter India, Chanu Mirabai meraih medali perak usai mencatatkan angkatan total 202 kg dengan snatch 87 kg dan clean and jerk 115 kg.

Dalam debutnya di ajang Olimpiade, Windy Cantika harus gagal terlebih dahulu saat melakukan angkatan snatch 84 kg di percobaan pertama. Dia baru mampu mengangkat barbel seberat 84 kg itu di kesempatan kedua.

Sayangnya, Windy Cantika kembali gagal ketika mencoba menambah beban angkatannya menjadi 87 kg pada percobaan ketiga.

Beruntung kegagalan tersebut langsung ditebus saat ia melakukan angkatan clean and jerk.

Windy Cantika Raih Medali Pertama di Olimpiade Tokyo

Windy tak menemukan hambatan yang berarti saat melakukan angkatan clean and jerk dalam tiga kesempatan. Atlet berusia 19 tahun itu dengan mudah mengangkat angkatan dimulai dengan 103 kg, 108 kg, hingga 110 kg, dan memastikan medali perunggu untuk Indonesia.

Melihat kemenangan Windy Cantika tersebut, Gubernur Jabar, Ridwan Kamil pun mengucapkan selamat melalui akun Instagram pribadinya @ridwankamil.

“Medali pertama di Olimpiade Tokyo untuk Indonesia diraih oleh atlet asal Jawa Barat, Windy Cantika Aisah di canang angkat besi. Total angkatan 194 kg,” tulisnya, Sabtu (24/7/2021).

“Selamat Teh Windy. Prestasimu membanggakan kita semua. Prestasi ini tak hanya jadi kebanggaan bagi Jabar, melainkan bagi Indonesia,” sambung pria yang karib disapa Kang Emil ini.

Ia pun mengatakan, bahwa prestasi yang dibawa Windy Cantika ini dapat menjadi semangat baru bagi masyarakat Indonesia dalam suasana keprihatinan menghadapi gelombang kedua pandemi Covid-19.

“Semangat kepada seluruh atlet Indonesia asal Jabar dan atlet lainnya di ajang Olimpiade,” ungkapnya.

Unggahan Kang Emil pun sudah disukai hingga 130.723 kali dan dikomentari lebih dari 2.500 warganet.(sis)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button