Today

Wisata Air Panas di Cianjur yang Tempatnya Ngumpet, Ini Cara ke Lokasi

CIANJURTODAY.COM, Cipanas – Wisata pemandian air panas di kawasan Cipanas, Kabupaten Cianjur memang menjadi alternatif tempat wisata yang baru. Meski nama daerah di Cianjur ini adalah Cipanas, nyatanya sangat jarang kita temui wisata pemandian air panas di sana. Kali ini terdapat tempat wisata baru yakni pemandian air panas. Bahkan, wisata ini bisa jadi alternatif untuk merelaksasi tubuh yang lelah akibat terjebak macet parah di Jalur Puncak.

Wisata Pemandian Air Panas ini bernama Air Panas Dipa yang berlokasi di Jalan Raya Cipanas-Puncak, tepatnya di basement Pasar Cipanas. Meskipun lokasinya di basement, pengunjung akan terpukau dengan interior dalam destinasi wisata yang baru beroperasi tiga bulan ini.

Pemandian air panas ini sangat mewah, serasa tidak di dalam basement tapi serasa di hotel-hotel berbintang. Air panas di pemandian itu juga ternyata merupakan air panas alami dari Gunung Gede Pangrango. Air panas itu diambil dari aliran bawah tanah.

Baca Juga: Destinasi Wisata Cianjur Mulai Dibuka, Disparpora Belum Targetkan PAD: Masih Pemulihan

Ternyata Sudah Mengalir Sejak Lama

Pengelola Pemandian Air Panas Dipa, Zulfi Abizar mengatakan, aliran air panas ini sudah ada sejak sepuluh tahun lalu, namun sempat tidak beroperasi karena pedagang sayuran mengeluh saat mereka memakai air panas untuk mencuci sayuran.

“Mengetahui ada air panas, kami beserta pihak pasar sepakat untuk menjadikannya wisata, yakni pemandian air panas. Akhirnya tiga bulan lalu resmi buka, tepatnya usai hasil uji laboratorium jika air panasnya memang layak digunakan,” ungkap dia, Minggu (6/5/2022).

Pihaknya mengungkapkan, pembangunan pemandian air panas di pasar ini bertujuan agar pandangan masyarakat tentang pasar tradisional bisa berubah. Bahkan dengan adanya pemandian juga membuktikan jika pasar tradisional bisa menjadi tempat wisata.

“Yang pertama kita menjawab pertanyaan masyarakat Cipanas itu ternyata memang ada air panasnya, bahkan yang alami. Selain itu juga mengubah pandangan masyarakat tentang pasar, buktinya pemandian ini ada di pasar,” tuturnya.

Ia juga menuturkan, di pemandian air panas ini tersedia lima kamar pemandian privat dengan kolam yang cukup untuk tiga orang. Selain itu juga terdapat kolam besar yang khusus untuk anak-anak.

“Jadi yang dewasa bisa mandi di kamar privat bersama keluarganya. Untuk anak-anak ada juga kolam khusus yang airnya tidak terlalu panas,” kata dia.

Harga Tiket Wisata Air Panas

Pihaknya menuturkan, harga tiket masuknya sangat terjangkau, untuk anak-anak hanya Rp 20 ribu per orang, orang dewasa Rp 35 ribu per orang.

“Jika bertiga dalam satu kamar privat, biayanya hanya Rp 50 ribu,” ungkap dia.

Untuk Durasi berendam, lebih lanjut dia, maksimal hanya 30 menit, sesuai dengan anjuran kesehatan.

“Kita jaga keamanan pengunjung, sehingga dibatasi hanya 30 menit. Karena kan ini air panas dari alam, jadi dalam durasi itu pun sudah cukup. Tapi sekiranya masih kuat silahkan, dan ketika ada apa-apa kami tidak bertanggung jawab karena sudah memberikan anjuran dan peraturan,” paparnya.

Dia mengungkapkan di momen libur lebaran ini, pengunjung yang datang sangat banyak. Wisatawan luar kota banyak berdatangan dan berendam di pemandian Air Panas Dipa, sambil menunggu arus lalulintas kembali normal.

Baca Juga: Miss Global Indonesia 2020 Sebut Potensi Wisata Cianjur Luar Biasa

“Kebanyakan pengunjung dari luar kota itu yang terjebak macet. setelah mengetahui ada pemandian air panas, mereka mampir berendam sambil merelaksasi tubuh. Setelah segar lagi, mereka melanjutkan perjalanannya,” pungkasnya. (ren)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button