Today

Wow, Diet Bisa Mengakibatkan Gizi Buruk Sampai Potensi Terpapar Covid-19

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Diet ternyata bisa menimbulkan penyakit gizi buruk dan stunting jika dilakukan dengan tidak benar. Diet sendiri merupakan upaya untuk menurunkan berat badan, banyak cara untuk diet, seperti mengurangi makan ataupun berolahraga.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan (Dinkes) Cianjur, Teni Hernawati mengatakan, upaya diet yang tidak benar khususnya untuk perempuan remaja dapat mengakibatkan kekurangan gizi untuk diri sendiri atau untuk anaknya kelak setelah menikah.

“Remaja perempuan diet karena ingin cantik, akhirnya asupannya tidak tercukupi. Memang kurus tapi asupan gizinya tidak cukup. Ketika dia menikah lalu hamil, jangankan buat anaknya, buat dirinya saja kurang gizinya,” tuturnya saat ditemui Cianjur Today, Kamis (5/11/2020).

Selain itu, Teni menjelaskan ketika diet mengakibatkan gizi berkurang dan imunitas pun lemah. Ketika imunitas lemah, maka potensi terpapar Covid-19 akan semakin besar.

“Virus itu kan masuk melalui hidung, mulut, dan mata. Ketika imunitas sudah lemah, tidak seimbang, maka akan sakit dan Covid-19 itu sangat senang dengan imunitas yang lemah,” ujarnya.

Maka dari itu, ia menyebut, dalam menangani gizi buruk di Cianjur, perlu upaya dari semua pihak. Sebab, bukan hanya sektor kesehatan yang menjadi penyebab utama.

“Faktor ekonomi, lingkungan, dan pendidikan juga berpengaruh. Maka, harus turun tangan semua, tidak bisa dilakukan oleh Dinkes saja,” tandasnya.(afs/sis)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami