Bisnis TodayGaya HidupToday

Wow! Merpati Berjenis Jayabaya Dihargai Satu Miliar

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Kawasan Kabupaten Cianjur, Jawa Barat kini mulai diakui sebagai salah satu penghasil burung merpati juara dalam arena kontes. Tak heran, jika merpati harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah dan menjadi buruan bos-bos besar penghobi merpati.

Seperti halnya yang diungkapkan Irwan Hermawan (41). Menurutnya, rekor terbaru merpati asal Cianjur banyak yang menawar hingga Rp 200 juta. Meskipun merpati berjenis biasa, namun karena telah beberapa kali menyabet Juara Nasional, nilai jualnya pun menjadi tinggi.

“Ini nih yang punya saya kemarin Juara Nasional dapat juara pertama dan langsung ditawar Rp200 juta. Tapi tidak saya ambil, karena saya cuma suka merawat dan lomba saja, jadi tidak pernah dijual,” ujar Irwan kepada Cianjur Today, Minggu (8/11/2020).

Irwan mengatakan, ia kini merawat 400 ekor merpati dan untuk merpati yang dilombakan di level nasional, ada lima pasang, sementara untuk level lokal ada sekitar 20 pasang burung.

“Di rumah ada 400 ekor merpati yang siap dijadikan bibit, kalau untuk lomba tingkat nasional baru lima pasang, kalau lokalan sekitar 20 pasang,” ucapnya.

Pihaknya menuturkan, ada berapa jenis merpati seperti, merpati hias, merpati pos, merpati biasa yang dipakai lomba di Indonesia. Merpati yang dipakai lomba pun ada beberapa jenis lombanya seperti, merpati kolong bebas, kolong meja, kentongan, tomprangan, dan balap dasar.

“Kalau jenis merpati di Indonesia termahal itu berjenis Jayabaya. Teman saya yang punya dan sudah dibeli sama orang Depok dengan harga Rp1 Miliar,” ucapnya.

Jenis Jayabaya, lanjutnya, merupakan burung yang istimewa. Sebab, di umurnya yang masih muda, ia dikenal konsisten memenangi setiap pertandingan.

“Merpati jenis Jayabaya pernah mengikuti lomba di lahan kosong seluas 1,2 kilometer, ketangkasan dan kecepatan Jayabaya teruji di arena perlombaan ini. Karena dengan cepat Jayabaya bisa melewati setiap tantangan yang diberikan juri,” pungkasnya.(ct6/sis)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Enable Notifications OK No thanks