Today

Yayasan Aura Welas Asih Sukabumi, Jemput ODGJ Asal Cianjur

CIANJURToday – Bakri (71) warga Kampung Kiarapayung RT 02 RW 06 Desa Ramasari, Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur dievakuasi tim reaksi cepat pekerja sosial Yayasan Aura Welas Asih Sukabumi pukul 20.00 wib Sabtu (29/12/2018) menuju Pelabuhan Ratu (Plara) untuk direhabilitasi.

Berdasarkan laporan Bakri merupakan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), sehingga sering dikucilkan oleh keluarga dan masyarakat setempat.

Pimpinan tim reaksi cepat Yayasan Aura Welas Asih, Rukman Samsudin menuturkan, pihaknya gencar mencari orang seperti Bakri yang tergolong ODGJ untuk dirawat dan direhabilitasi. Ia khawatir, perlakuan masyarakat terhadap orang yang mengalami ODGJ tidak tepat.

“Realita yang kita temukan di lapangan, perlakuan masyarakat terhadap orang seperti Bakri yaitu dikucilkan bahkan hingga dilakukan pemasungan. Maka dari itu hal ini sudah menjadi kewajiban kita untuk membantu mereka yang mengalami sakit jiwa. Sebab mereka juga manusia yang harus diperlakukan secara manusiawi,” jelasnya kepada Cianjurtoday.com.

Selain Rehabilitasi, Yayasan Juga Akan Perbaiki Kediaman Bakri

Bakri bersama keluarga di rumahnya sesaat sebelum dijemput Yaysan Aura Welas Asih Sukabumi

Evakuasi Bakri dan keluarga pada saat itu, kata dia, didampimngi oleh unsur Muspida seperti kepala desa, Ketua Rt/Rw setempat, anggota BPBN dan masyarakat lain disekitar rumah Bakri.

“Selain akan diobati sampai sembuh, rumah bakri juga akan diperbaiki karena sudah tidak layak huni. Pembangunan rumah Bakri, sampai selesai kami yang biayai,” ucap Rukman.

Kata Rukman, Bakri dan keluarganya sementara akan tinggal dipanti sosial Aura Welas Asih, Sukabumi. Selain Bakri, ada sekitar 24 pasien ODGJ asal Cianjur lainnya yang saat ini berada dalam perawatan dan pengobatan dipanti tersebut.

“Kami mengajak seluruh elemen masyarakat dimanapun untuk peduli kepada para ODGJ. Karena faktanya mereka itu bisa disembuhkan. Tetapi, karena cara penyembuhan dan pengobatannya berbeda, maka tidak diketahui oleh orang awam. Untuk itu, kami tim reaksi cepat pekerja sosial Yayasan Aura Welas Asih perwakilan Cianjur siap membantu,” pungkasnya.(der)

Editor : Rizky Fadillah

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button