Today

Yuk! Bantu Pesantren Korban Kebakaran di Kadupandak Cianjur

CIANJURTODAY.COM, Kadupandak – Pesantren Nurul Huda Kadupandak masih butuh bantuan setelah dilanda kebakaran yang terjadi 27 Juni 2020 lalu. Selain menghanguskan bangunan, pakaian hingga kitab-kitab pun hangus.

Pesantren itu terletak di Jalan Moch Sukanta, Kampung Rawabugis, Desa Sindangsari, Kecamatan Kadupandak, Kabupaten Cianjur. Kebakaran yang diduga akibat korsleting listrik itu menghanguskan satu bangunan madrasah dan semua barang milik para santri.

Lurah Santri Pondok Pesantren Nurul Huda, Khoerul Samsuri (27), mengatakan bangunan tersebut tidak terselamatkan karena api terus berkobar. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran pesantren itu, meski banyak kerugian yang dialami para penghuni pondok.

Mulai dari bekal makanan pokok, pakaian, hingga Al-Quran dan kitab yang ditaksir mencapai ratusan juta. Jumlah penghuni pesantren kurang lebih 110 orang, terdiri 30 santri, 20 santriwati, dan peserta diniyah dari 60 orang.

Pondok pesantren tersebut memiliki satu tenaga pengajar yang dibantu para santri senior dalam proses pembelajaran. Para penghuni pondok tidak hanya dari Cianjur, banyak mereka yang berasal dari luar kota seperti Lampung, Banten, Tangerang, Bandung, dan Indramayu.

“Karena kitab Quran pakaian makanan dan semua bekal santri habis terbakar pada dua bangunan tersebut. Sekarang kami tinggal di madrasah tempat diniyah belajar dan memakai pakaian bekas yang disumbangkan warga,” ujarnya.

Meski dengan keadaan yang sangat memprihatinkan, para santri dan santriwati tetap melaksanakan pembelajaran dengan fasilitas seadanya. Namun beberapa di antaranya memilih pulang.

“Untuk Al-Quran dan kitab Alhamdulillah ada yang menyumbang walaupun masih banyak kurangnya. Sebagian (santri dan santriwati) pulang sebagian tetap di tempat, tapi sedikit yang pulang,” tuturnya.

Cara Donasi Pesantren Korban Kebakaran

Hingga saat ini, mereka masih memerlukan banyak uluran tangan untuk menyumbang dan ikut membantu pembangunan kembali pesantren Nurul Huda Kadupandak. Bagi Anda yang ingin ikut membantu bisa langsung mendatangi lokasi atau donasi melalui galang dana pada link:
https://kitabisa.com/dukasantri

Anda juga bisa memberikan bantuan melalui nomor rekening 407001016990531 (bank BRI) atas nama Samsuri. Khoerul pun berharap cita-citanya untuk pembangunan kembali pondok dan madrasah segera selesai, sehingga para santri dan santriwati bisa melakukan pembelajaran dengan nyaman.(ct4/rez)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button