Today

Zero Waste Sesalkan Sampah Berserakan di Tempat Wisata Usai Papajar

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Ketua Komunitas Zero Waste Kabupaten Cianjur, Sandi Mulyadi, menyesalkan banyaknya sampah di tempat wisata usai papajar. Terlebih sampah menumpuk berbahan plastik yang sulit diurai.

“Gak cuma geram aja tapi kesal lihatnya. Masyarakat yang berwisata melihat keindahan tetapi tidak dibarengi kesadarannya membuang sampah pada tempatnya,” kata dia kepada Cianjur Today, Senin (12/4/2021)

Pria yang akrab dipanggil Kang Yadi itu menilai, fasilitas tempat sampah juga harus menunjang. Begitu pun imbauan menanggulangi sampah plastik.

“Minimal pengelola mencari solusi agar tidak banyak sampah kemasan sekali pakai yang berserakan di tempat itu,” tambah Ketua Zero Waste Cianjur itu.

Sementara itu pengunjung salah satu wisata di Warungkondang, Umar (17) mengaku terkejut usai melihat sampah plastik yang berserakan usai papajar.

“Kaget juga, sayang kan tempat wisata sebagus ini banyak sampahnya, banyak juga masyarakat masih gak sadar dengan membuang sampah sembarangan,” ungkap dia.

Umar berharap, agar ke depannya pengelola lebih baik lagi mengelola tempat wisata dengan memberikan aturan dan juga edukasi tentang sampah.

“Agar masyarakatnya sadar bisa kan pengelolanya bikin tulisan spanduk dilarang buang sampah sembarangan, atau sebelum masuk bisa di sosialisasikan ke masyarakat tentang pentingnya buang sampah pada tempatnya,” tandasnya.(afs/rez)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button