Bisnis TodayGaya Hidup

Zona Adventure, Rental Alat Camping Paling Lengkap di Cianjur

CIANJURTODAY.COM, Limbangansari – Mendaki gunung atau biasa disebut hiking sudah menjadi hobi kebanyakan orang. Hampir setiap orang sudah merasakan rasanya berada di puncak gunung, minimal sekali seumur hidupnya.

Namun, kebutuhan alat untuk hiking ternyata tidaklah murah, melainkan harus mengeluarkan budget yang cukup banyak. Mulai dari perlengkapan yang langsung digunakan, hingga kebutuhan untuk nantinya berada di puncak gunung.

Nah, di Cianjur pun kini sudah tersedia tempat penyewaan alat hiking dengan harga terjangkau dan jaminan kualitas alat-alat terbaik yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Pemilik Zona Adventure Cianjur, Gilar Sugilar (25) mengungkapkan, inspirasinya membuat usaha ini bermula dari hobinya yang suka mendaki gunung.

“Awalnya karena emang suka naik gunung, terus kepikiran buat usaha penyewaan alat hiking ini. Soalnya alat-alatnya terbilang mahal, jadi meminimalisir pengeluaran jika ingin hiking karena tidak usah repot-repot untuk membeli,” paparnya saat diwawancarai Cianjur Today, pada Minggu (17/1/2021).

Usaha yang sudah dijalankan sejak awal 2019 ini sempat mengalami penurunan yang drastis akibat pandemi Covid-19. Hal itu dikarenakan ditutupnya tempat wisata dan wilayah pegunungan oleh pemerintah.

“Dampak dari pandemi pendapatan turun drastis karena penyewa yang tidak ada, akibatnya mengalami kerugian kurang lebih sekitar Rp50 juta dalam setahun kemarin,” ujarnya.

Dari penyewaan alat camping dan hiking ini dalam satu bulan, Gilar bisa meraih omzet sekitar Rp5 juta per bulannya dan akan sangat ramai ketika sedang tidak musim hujan.

“Alhamdulillah untuk omzet per bulan bisa dapat Rp5 juta, tapi kalau lagi musim hujan penyewa jarang ada, karena minat pendaki yang kurang,” jelasnya.

Zona Adventure sendiri menyediakan alat-alat yang tentunya berkualitas, tak ketinggalan ada juga diskon atau potongan harga bagi konsumen, itulah mengapa orang-orang banyak yang menyewa alat mendaki gunung di tempat miliknya ini.

“Saya menyediakan barang yang terbaik, kalau ada yang habis sewa langsung saya bersihkan supaya yang penyewa berikutnya nyaman. Ada juga program potongan harga yang diberikan khusus bagi para penyewa atau pembeli,” ungkapnya.

Gilar mengungkapkan, para penyewa akan memberikan jaminan KTP dan masa tenggang waktu penyewaan selama satu hari setengah. Jika barang yang dikembalikan tidak sesuai waktunya, lanjut Gilar, maka si penyewa akan dikenakan denda dan untuk barang yang dalam keadaan rusak atau hilang wajib diganti.

“Penyewaan alat-alat ini dipatok mulai dari harga Rp20-50 ribu saja. Tenda adalah alat yang paling sering orang sewa, dan ada juga alat yang lainnya yaitu cerrier, alat masak, alat tidur seperti matras dan sleepingbag,” tuturnya.

Jika Anda ingin mendaki gunung dan ingin merental perlengkapannya dengan harga terjangkau, dapat langsung datang ke outlet Zona Adventure di Jalan Limbangansari, Kampung Raweuy Kaler, Desa Mekarsari atau bisa juga mengunjungi instagramnya di @zonaadventure_cianjur.

Ke depannya, Gilar ingin mengembangkan usahanya lebih besar, salah satunya adalah membangun toko sendiri dan menjadi outlet rental alat mendaki gunung terbesar di Cianjur.

“Sekarang belum punya toko, jadi masih di rumah. Harapannya pengen punya toko sendiri terus jadi outlet yang terbesar di Cianjur dan juga bisa mengembangkan usaha tour and travel,” tandasnya.(ct7/sis)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker